Minggu, 05 November 2023

SK HAK DAN KEWAJIBAN PASIEN

 

KEPUTUSAN

KEPALA UPT PUSKESMAS ABCDE

 KABUPATEN MADIUN

NOMOR : 445/003/SK/402.102.04/2022

 

TENTANG

HAK DAN KEWAJIBAN PASIEN

UPT PUSKESMAS ABCDE

 

KEPALA UPT PUSKESMAS ABCDE,

Menimbang

:

a.    Bahwa hak dan kewajiban pasien merupakan salah satu elemen dasar dari proses pelayanan di Puskesmas, yang melibatkan petugas, puskesmas, pasien dan keluarga;

b.    bahwa petugas wajib memberi respons terhadap hak pasien dan keluarga ketika melayani pasien;

c.    bahwa petugas kesehatan berkewajiban memberikan informasi tentang hak dan kewajiban pasien sejak proses pendaftaran;

d.    bahwa berdasarkan pertimbangan pada huruf a, b dan c, perlu menetapkan Keputusan Kepala UPT Puskesmas Abcde Tentang Hak dan Kewajiban Pasien UPT Puskesmas Abcde.

Mengingat

:

1.    Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No.15 Tahun 2014 tentang  Pedoman Standar Pelayanan;

2.    PeraturanMenteriKesehatan Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Keselamatan Pasien;

3.    Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Kewajiban Rumah Sakit dan Kewajiban Pasien;

4.    Keputusan Bupati Madiun Nomor 188.45/412A/KPTS/402.031/2016 tentang Standar Puskesmas sebagai Puskesmas Rawat Jalan dan Puskesmas Rawat Inap;

5.    Keputusan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun Nomor 445/3410A/402.102/2015 tentang Pelimpahan Dan Tanggung jawab Kepada Kepala Puskesmas di Kabupaten Madiun.

 

MEMUTUSKAN

 

Menetapkan

:

KEPUTUSAN KEPALA UPT PUSKESMAS ABCDE TENTANG HAK DAN KEWAJIBAN PASIEN UPT PUSKESMAS ABCDE

KESATU

:

Keputusan tentang Hak dan Kewajiban Pasien UPT Puskesmas Abcde sebagaimana tercantum dalam Lampiran merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari surat keputusan ini;

KEDUA

:

Petugas wajib memberikan informasi tentang hak dan kewajiban pasien mulai dari proses pendaftaran di setiap unit pelayanan Puskesmas Abcde;

KETIGA

:

Pemberian informasi hak dan kewajiban pasien selanjutnya diatur dalam Standar Operasional Prosedur (SOP);

KEEMPAT

:

Surat Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan, dan apabila ternyata terdapat kekeliruan dalam surat keputusan ini akan diadakan perbaikan seperlunya.

 

 

 

    Ditetapkan di Madiun

    pada tanggal 20 Januari 2022

 

 

KEPALA UPT PUSKESMAS ABCDE,

 

 

 

NAMA KAPUS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LAMPIRAN

:

KEPUTUSAN KEPALA UPT PUSKESMAS ABCDE

NOMOR

:

445/     /SK/402.102.04/2022

TANGGAL

:

20 JANUARI 2022

TENTANG

:

HAK DAN KEWAJIBAN PASIEN UPT PUSKESMAS ABCDE

 

 

 

 

 

 DOWNLOAD VERSI WORD

 

HAK DAN KEWAJIBAN PASIEN

UPT PUSKESMAS ABCDE

A.  Hak Pasien

1.     Pasien berhak memperoleh informasi mengenai tata tertib dan peraturan yang berlaku di Puskesmas Abcde serta hak dan kewajibannya;

2.     Pasien berhak mendapatkan pelayanan yang aman, bermutu, manusiawi, dan adil tanpa diskriminasi sesuai dengan standar profesi kedokteran atau kedokteran gigi;

3.     Pasien berhak mendapat informasi tentang data hasil pemeriksaan kesehatan dirinya termasuk jenis dan tujuan tindakan/pengobatan serta biaya yang sesuai dengan tarif yang berlaku;

4.     Pasien berhak memberikan persetujuan atau menolak atas tindakan yang akan dilakukan oleh tenaga kesehatan Puskesmas Abcde;

5.     Pasien berhak mennyampaikan pengaduan/keluhan, saran dan kritiktentang pelayanan di Puskesmas Abcde.

B.    Kewajiban Pasien

1.        Pasien wajib mematuhi tata tertib dan peraturan yang berlaku di Puskesmas Abcde;

2.        Pasien wajib menghormati hak pasien lain dan hak tenaga kesehatan serta petugas lainnya yang bekerja di Puskesmas Abcde;

3.        Pasien wajib memberikan informasi yang benar, jelas, lengkap dan jujur tentang masalah kesehatannya kepada petugas kesehatan Puskesmas Abcde;

4.        Pasien wajib mematuhi rencana terapi yang direkomendasikan oleh petugaskesehatan di Puskesmas Abcde dan telah disetujui oleh Pasien yang bersangkutan setelah mendapatkan penjelasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;

5.        Pasien wajib menerima segala konsekuensi atas keputusan pribadinya untuk menolak rencana terapi yang direkomendasikan dan/atau tidak mematuhi petunjuk yang diberikan;

6.        Pasien wajib memberikan imbalan jasa atas pelayanan yang diterima sesuai tarif yang  berlaku.

KEPALA UPT PUSKESMAS ABCDE,

 

 

 

 

NAMA KAPUS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KERANGKA ACUAN KERJA (KAK) RAPAT MUTU

 KERANGKA ACUAN  KERJA  (KAK) RAPAT MUTU UPT PUSKESMAS ABCDE  TAHUN  2023 A. Pendahuluan Dalam upaya peningkatan mutu perlu dilakukan pembah...