KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan
Yang Maha Esa yang telah melimpahkan
berkat dan rahmat-Nya sehingga penyusunan Manual Mutu Puskesmas ABCDE Kabupaten EFGHIJ Tahun 2016 dapat terselesaikan. Keberadaan
Manual Mutu ini bagi Puskesmas ABCDE sangat
penting sekali karena akan memberikan panduan secara rinci terhadap seluruh
gerak langkah yang terkait dengan Sistem Manajemen Mutu di Puskesmas ABCDE.
Manual Mutu ini
juga merupakan sebuah persyaratan yang sangat penting bagi pelaksanaan
Puskesmas ABCDE sebagai
sebuah puskesmas dengan menjalankan sistem puskesmas akreditasi. Secara umum
ruang lingkup Manual Mutu ini meliputi
seluruh penataan Sistem Manajemen Mutu di Puskesmas ABCDE mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai terhadap evaluasinya.
Penyusunan Manual Mutu ini tentu masih memerlukan perbaikan karena
memang Manual Mutu adalah bersifat dinamis dan bahkan harus selalu diperbaiki
secara terus menerus seiring dengan perkembangan di Puskesmas ABCDE Kabupaten EFGHIJ. Harapannya Manual Mutu yang dimiliki Puskesmas ABCDE ini benar-benar diimplementasikan oleh seluruh penanggung jawab dan
unit-unit yang terkait pada Puskesmas ABCDE Kabupaten EFGHIJ.
EFGHIJ, 05 Januari 2016
Kepala Puskesmas ABCDE
drg. ABCDEFGHIJ, M.Kes.MM
12345678
789012 3 567
PENDAHULUAN
Penyusunan
dokumen Manual Mutu Puskesmas ABCDE dikerjakan bersama-sama oleh Tim sebagai
panduan penerapan Sistem Manajemen Mutu yang mengacu pada Pedoman Penyusunan
Dokumen Akreditasi Puskesmas. Seluruh anggota Tim berkomitmen dalam penerapan Sistem
Manajemen Mutu pada Puskesmas ABCDE dengan cara menerapkan, memelihara, mendukung,
memantau dan mengembangkan sistem pelayanan sehingga sesuai dengan kebutuhan
dan harapan masyarakat dan para pelanggan Puskesmas ABCDE pada khususnya.
Puskesmas ABCDE berusaha keras untuk memenuhi
kepuasan pelanggan dengan menyediakan jasa pelayanan baik rawat inap maupun
rawat jalan serta kegiatan pendukung pelayanan lainnya sesuai persyaratan
akreditasi serta peraturan perundang-undangan yang berlaku serta berusaha
melakukan perbaikan secara terus menerus, maka dari itu kami mempunyai :
VISI
“Sebagai penggerak pembangunan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas ABCDE untuk
mewujudkan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan”
MISI
1.
Meningkatkan
derajat kesehatan masyarakat, melalui pemberdayaan masyarakat, termasuk swasta
untuk tercapainya kemandirian masyarakat di bidang kesehatan.
2.
Menyelenggarakan
upaya pelayanan kesehatan yang paripurna, merata, bermutu dan berkeadilan
3.
Mengupayakan
ketersediaan dan pemerataan sumber daya kesehatan di wilayah kerja Puskesmas
4.
Menciptakan
tata kelola pelayanan kesehatan yang baik di seluruh jaringan Puskesmas
KEBIJAKAN MUTU
“Puskesmas ABCDE
berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan
dengan selalu melakukan perbaikan berkelanjutan meliputi promotif, preventif, kuratif
dan rehabilitatif secara paripurna, transparan dan akuntabel yang mengutamakan keselamatan
dan kepuasan pelanggan sesuai dengan Peraturan Perundangan yang berlaku, selalu
:
1.
Mendorong kemandirian masyarakat untuk
berwawasan dan menjalankan hidup sehat
2.
Menyelenggarakan
upaya pelayanan kesehatan yang paripurna, merata, bermutu dan berkeadilan
3.
Mengupayakan
ketersediaan dan pemerataan sumber daya kesehatan di wilayah kerja Puskesmas
4.
Menciptakan
tata kelola pelayanan kesehatan yang baik di seluruh jaringan Puskesmas
MOTTO
“MELAYANI
DENGAN IKHLAS DAN PROFESIONAL“
TATA
NILAI
1. Profesional : Memiliki kompetensi dan kemampuan
dalam memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik.
2. Ramah : Memiliki sikap yang sopan dan santun
kepada seluruh masyarakat dan rekan sekerja.
3. Inisiatif & Inovatif : Memiliki kemampuan
untuk bekerja mandiri dengan ide-ide kreatif serta memberi terobosan bagi
peningkatan pelayanan kesehatan.
4. Malu : Memiliki budaya malu bila tidak
melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.
5. Akuntabel : Memberikan pelayanan kesehatan
sesuai pedoman dan standar pelayanan yang ditetapkan, dapat diukur dan
dipertanggung jawabkan.
KOMITMEN
BERSAMA
Dalam
mengadakan pelayanan kepada masyarakat kami mempunyai komitmen untuk melayani
masyarakat dengan sebaik–baiknya dan terus berupaya meningkatkan mutu pelayanan
dengan jalan langkah–langkah sebagai berikut:
1. Pelayanan pada Puskesmas ABCDE berlandaskan etika pelayanan sesuai
dengan ketentuan yang berlaku, transparan, terintegrasi dan saling menghormati;
2. Pelayanan pada Puskesmas ABCDE diselenggarakan secara profesional;
3. Setiap petugas berupaya meningkatkan
pengetahuan dan ketrampilan bekerja untuk meningkatkan mutu pelayanan;
4. Cepat memahami dan memenuhi harapan
pelayanan terhadap masyarakat secara konsisten.
Download form disini
Manual mutu puskesmas
Download form disini
Manual mutu puskesmas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar