Senin, 05 Februari 2018

Manual mutu puskesmas

KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa  yang telah melimpahkan berkat dan rahmat-Nya sehingga penyusunan Manual Mutu Puskesmas ABCDE Kabupaten EFGHIJ Tahun 2016 dapat terselesaikan. Keberadaan Manual Mutu ini bagi Puskesmas ABCDE sangat penting sekali karena akan memberikan panduan secara rinci terhadap seluruh gerak langkah yang terkait dengan Sistem Manajemen Mutu di Puskesmas ABCDE.
Manual Mutu ini juga merupakan sebuah persyaratan yang sangat penting bagi pelaksanaan Puskesmas ABCDE sebagai sebuah puskesmas dengan menjalankan sistem puskesmas akreditasi. Secara umum ruang lingkup Manual Mutu ini  meliputi seluruh penataan Sistem Manajemen Mutu di Puskesmas ABCDE mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai terhadap evaluasinya.
Penyusunan Manual Mutu ini tentu masih memerlukan perbaikan karena memang Manual Mutu adalah bersifat dinamis dan bahkan harus selalu diperbaiki secara terus menerus seiring dengan perkembangan di Puskesmas ABCDE Kabupaten EFGHIJ. Harapannya Manual Mutu yang dimiliki Puskesmas ABCDE ini benar-benar diimplementasikan oleh seluruh penanggung jawab dan unit-unit yang terkait pada Puskesmas ABCDE Kabupaten EFGHIJ.

     EFGHIJ, 05 Januari 2016
   Kepala Puskesmas ABCDE




drg. ABCDEFGHIJ, M.Kes.MM
                                   12345678 789012 3 567









PENDAHULUAN

Penyusunan dokumen Manual Mutu Puskesmas ABCDE dikerjakan bersama-sama oleh Tim sebagai panduan penerapan Sistem Manajemen Mutu yang mengacu pada Pedoman Penyusunan Dokumen Akreditasi Puskesmas. Seluruh anggota Tim berkomitmen dalam penerapan Sistem Manajemen Mutu pada Puskesmas ABCDE dengan cara menerapkan, memelihara, mendukung, memantau dan mengembangkan sistem pelayanan sehingga sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat dan para pelanggan Puskesmas ABCDE  pada khususnya.
Puskesmas ABCDE  berusaha keras untuk memenuhi kepuasan pelanggan dengan menyediakan jasa pelayanan baik rawat inap maupun rawat jalan serta kegiatan pendukung pelayanan lainnya sesuai persyaratan akreditasi serta peraturan perundang-undangan yang berlaku serta berusaha melakukan perbaikan secara terus menerus, maka dari itu kami mempunyai :
VISI
Sebagai penggerak pembangunan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas ABCDE  untuk mewujudkan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan
MISI
1.   Meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, melalui pemberdayaan masyarakat, termasuk swasta untuk tercapainya kemandirian masyarakat di bidang kesehatan.
2.   Menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan yang paripurna, merata, bermutu dan berkeadilan
3.   Mengupayakan ketersediaan dan pemerataan sumber daya kesehatan di wilayah kerja Puskesmas
4.   Menciptakan tata kelola pelayanan kesehatan yang baik di seluruh jaringan Puskesmas
KEBIJAKAN MUTU
“Puskesmas ABCDE  berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan dengan selalu melakukan perbaikan berkelanjutan meliputi promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif secara paripurna, transparan dan akuntabel yang mengutamakan keselamatan dan kepuasan pelanggan sesuai dengan Peraturan Perundangan yang berlaku, selalu :
1.    Mendorong kemandirian masyarakat untuk berwawasan dan menjalankan hidup sehat
2.    Menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan yang paripurna, merata, bermutu dan berkeadilan
3.    Mengupayakan ketersediaan dan pemerataan sumber daya kesehatan di wilayah kerja Puskesmas
4.    Menciptakan tata kelola pelayanan kesehatan yang baik di seluruh jaringan Puskesmas
MOTTO
“MELAYANI DENGAN IKHLAS DAN PROFESIONAL“

TATA NILAI
1.    Profesional : Memiliki kompetensi dan kemampuan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik. 
2.    Ramah : Memiliki sikap yang sopan dan santun kepada seluruh masyarakat dan rekan sekerja. 
3.    Inisiatif & Inovatif : Memiliki kemampuan untuk bekerja mandiri dengan ide-ide kreatif serta memberi terobosan bagi peningkatan pelayanan kesehatan. 
4.    Malu : Memiliki budaya malu bila tidak melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. 
5.    Akuntabel : Memberikan pelayanan kesehatan sesuai pedoman dan standar pelayanan yang ditetapkan, dapat diukur dan dipertanggung jawabkan.

KOMITMEN BERSAMA
Dalam mengadakan pelayanan kepada masyarakat kami mempunyai komitmen untuk melayani masyarakat dengan sebaik–baiknya dan terus berupaya meningkatkan mutu pelayanan dengan jalan langkah–langkah sebagai berikut:
1.      Pelayanan pada Puskesmas ABCDE  berlandaskan etika pelayanan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, transparan, terintegrasi dan saling menghormati;
2.      Pelayanan pada Puskesmas ABCDE  diselenggarakan secara profesional;
3.      Setiap petugas berupaya meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan bekerja untuk meningkatkan mutu pelayanan;
4.      Cepat memahami dan memenuhi harapan pelayanan terhadap masyarakat secara konsisten.

Download form disini
Manual mutu puskesmas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KERANGKA ACUAN KERJA (KAK) RAPAT MUTU

 KERANGKA ACUAN  KERJA  (KAK) RAPAT MUTU UPT PUSKESMAS ABCDE  TAHUN  2023 A. Pendahuluan Dalam upaya peningkatan mutu perlu dilakukan pembah...