Rabu, 17 Oktober 2018

SOP umpan balik pelanggan

LOGO
KAB
UMPAN BALIK PELANGGAN
LOGO
PUSKESMAS
SOP
No Dokumen 
:
445/127/SOP/402.102. ....../2017
No Revisi        
:
0
Tanggal Terbit
:
05 Desember 2017
Halaman                                  
:
1-3
UPT
NAMA PUSKESMAS


Kepala Puskesmas
NIP. ....NIP KAPUS....




1.      Pengertian

Umpan balik pelanggan, masyarakat dan sasaran Puskesmas merupakan proses penyampaian informasi/ feedback yang dilakukan antara pemberi layanan kepada penerima layanan terkait keluhan atau harapan pelanggan, masyarakat, dan sasaran Puskesmas guna peningkatan mutu Puskesmas.

2.      Tujuan
Sebagai acuan penerapan langkah-langkah untuk melaksanakan umpan balik pelanggan, masyarakat dan sasaran puskesmas.

3.      Kebijakan
Surat Keputusan Kepala Puskesmas  Nomor 445/SK/042/402.102......../2017 tentang Cara mendapat umpan balik, pembahasan dan tindak lanjut terhadap umpan balik masyarakat tentang mutu dan kepuasan.

4.      Referensi
Pedoman kerja Puskesmas Departemen Kesehatan RI 1991.
5.      Langkah-  langkah
1.     Petugas menerima keluhan/ harapan pelanggan
2.     Petugas memberikan informasi apabila mendapatkan identitas pasien dengan cara tatap muka
3.     Apabila tidak terdapat informasi identitas pelanggan, petugas memberikan informasi/ feedback melalui papan informasi Puskesmas/banner
4.     Penyampaian informasi lewat rapat lintas sektor, MMD atau forum yang ada

6.      Unit Terkait
Semua unit / pelayanan di UPT Nama Puskesmas, Puskesmas Pembantu dan Polindes.
7.      Dokumen Terkait

Notulen minilok, Hasil Survei Kepuasan Masyarakat, Hasil survey kepuasan pelanggan, Notulen Lokakarya Mini Tribulanan, Notulen Musyawarah Masyarakat Desa, Notulen Forum Desa, Rekap Kotak Saran, Rekap Kotak Kepuasan.

8.      Rekaman Historis Perubahan
No

Yang Dirubah
Isi Perubahan
Tgl Mulai Diberlakukan
















 









LOGO
KAB
PEMERINTAH KABUPATEN PUSKESMAS
D I N A S  K E S E H A T A N
UPT NAMA PUSKESMAS
Jl Raya Alamat puskesmas
Telp (0351)458123 email....email puskesmas....
M A D I U N 65218

Daftar Tilik Kesesuaian Prosedur
SOP UMPAN BALIK PELANGGAN


No
          
Tahapan kegiatan/langkah
Sesuai Dengan Prosedur
Keterangan
Ya
Tidak
1.       
Apakah Petugas menerima keluhan/ harapan pelanggan?



2.       
Apakah Apabila terdapat informasi identitas pelanggan, petugas memberikan informasi/ feedback dengan cara tatap muka?



3.       
Apakah Apabila tidak terdapat informasi identitas pelanggan, petugas memberikan informasi/ feedback melalui papan informasi Puskesmas/banner?



4.       
Apakah Penyampaian informasi lewat rapat lintas sektor, SMD atau forum yang ada?




Compliance rate (CR) =
Ya
X 100%
Ya + Tidak


Mengetahui,
Kepala UPT Nama Puskesmas


Kepala Puskesmas
NIP. ........NIP KAPUS.......

Pelaksana


…………………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KERANGKA ACUAN KERJA (KAK) RAPAT MUTU

 KERANGKA ACUAN  KERJA  (KAK) RAPAT MUTU UPT PUSKESMAS ABCDE  TAHUN  2023 A. Pendahuluan Dalam upaya peningkatan mutu perlu dilakukan pembah...