Senin, 23 Juni 2025

Surat keterangan kerja

Surat keterangan kerja adalah dokumen yang seringkali dibutuhkan untuk keperluan-keperluan yang membutuhkan keterangan pernah bekerja.

Pembuatan surat keterangan kerja dilakukan oleh instansi dimana seseorang telah bekerja yang menerangkan tentang pekerjaan, lama masa kerja, serta posisi yang pernah diduduki. 

Fungsi Surat keterangan kerja

Surat keterangan kerja sangat diperlukan sebagai salah satu persyaratan ketika seseorang

1. Mencari atau melamar pekerjaan

Dengan adanya Surat keterangan kerja, perusahaan tempat seseorang melamar bisa memperoleh informasi tentang riwayat pekerjaan sebelumnya.

2. Persyaratan Pengajuan Kredit di Bank

3, Klaim asuransi ketenagaan kerjaan utamanya BPJS Ketenagakerjaan

dll.

Format Surat Keterangan kerja

Format Surat keterangan kerja meliputi:

  • Kop Surat

Bagian ini biasanya terdiri atas Logo Perusahaan, Nama Perusahaa, Alamat, No Telepon, email perusahaan

  • Judul Surat

Biasanya sesuai dengan tujuan yaitu "Surat Keterangan Kerja"

  • Data Diri Penanda Tangan

Yaitu Data diri seseorang yang mempunyai kewenangan untuk memberikan pernyataan tentang riwayat pekerjaan seseorang. Biasanya Pimpinan perusahaan.

  • Data Diri Karyawan

Berisi Data diri karyawan yang bersangkutan yang meliputi:

Nama
Nomer Induk Karyawan
Alamat
Jabatan Terakhir yang diemban

Pernyataan Riwayat Pekerjaan

Menjelaskan bahwa karyawan tersebut masih bekerja ata pernah bekerja, lama bekerja (Mulai bekerja sampai dengan akhir bekerja)

  • Tujuan

Menjelaskan mengenai tujuan pembuatan surat keterangnan tersebut,

  • Tanggal dan tempat pembuatan
  • Jabatan, Tanda Tangan dan Nama pemberi surat 
Contoh Surat Keterangan Kerja 1

KOP SURAT
Surat Keterangan Kerja


Kepada
Pemimpin Cabang
PT Bank Pembangunan Daerah
Jawa Timur
Di 
KEDIRI

Perihal: Keterangan Kerja
Dengan Hormat
Sehubungan dengan formulir pengajuan / Kredit Multiguna PT Bank Jatim, Tbk (Terlampir)
maka dengan ini kami sampaikan data pegawai sebagai berikut

Nama lengkap :
Alamat Rumah :
NIP /  No Induk :
Pangkat / Jabatan :
Instansi / Kantor :
Alamat Rumah :

Adalah masih aktif bekerja sebagai pegawai di perusahaan / lembaga / instansi / dinas .........................
Atas hal tersebut dengan ini kami merekomendasikan pengajuan tersebut untuk diproses  sebagaimana mestinya sesuai ketentuan PT Bank Jatim, Tbk.

Demikian Surat keterangan ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya

                    Kediri, 17 juni 2025
                    Kepala / Pimpinan


                      (Nama Pimpinan)










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Wikipedia

Hasil penelusuran